27 JUL 2024 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA 129 DILIHAT

5 Cara Tingkatkan Penyerapan Zat Besi

Mengonsumsi makanan cukup zat besi ternyata tidak cukup.
Yuk, maksimalkan penyerapannya dengan cara ini.

1. Konsumsi bersama vitamin C  

Vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi non-heme (nabati) hingga 3 kali lipat1 ! Jadi, tambahkan brokoli ke tumisan tahu atau makan makanan kaya vitamin C lainnya dengan makanan nabati yang kaya zat besi.

2. Masak di wajan iron cast (besi cor)

Menggunakan peralatan masak dari besi adalah cara alami untuk meningkatkan kandungan zat besi dalam makanan. Memasak dengan menggunakan besi cor dapat meningkatkan kandungan zat besi dalam makanan kita hingga 16%2.

3. Jangan konsumsi bersama kalsium

Kalsium dan zat besi bersaing untuk diserap dan memengaruhi penyerapan satu sama lain, jadi sebaiknya makan makanan kaya kalsium pada waktu yang berbeda dengan makanan kaya zat besi.

4. Hindari minum teh atau kopi saat mengonsumsinya  

Kopi dan teh hijau dan hitam mengandung tanin yang mengganggu penyerapan zat besi non-heme.

5. Rendam biji-bijian dan kacang-kacangan utuh

Biji-bijian dan kacang-kacangan utuh mengandung senyawa antioksidan yang disebut fitat yang dapat mengikat zat besi dan memengaruhi penyerapannya. Jika direndam semalaman atau dikecambahkan, jumlah fitatnya akan berkurang, sehingga zat besi lebih mudah diserap.   

Cara memenuhi kebutuhan zat besi

Untuk mendapatkan asupan harian zat besi yang cukup pastikan mengonsumsi makanan kaya zat besi, terutama anak. Dalam standar AKG, anak di atas satu tahun membutuhkan rata-rata asupan zat besi sebanyak 7-10 miligram per hari. Jika tidak terpenuhi, berikan NutriliteTM Chewable Iron, suplemen zat besi dalam bentuk tablet yang bisa dikunyah dengan rasa vanila yang enak.

Setiap tablet NutriliteTM Chewable Iron mengandung 3.67 mg zat besi untuk membantu memenuhi kebutuhan zat besi anak. NutriliteTM Chewable Iron berasal dari ferrous lactate, yang mudah diserap oleh tubuh, dan telah melalui uji proses uji mutu yang ketat sehingga dijamin aman untuk anak.

Sumber:

1http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPPP

2https://www.eatingwell.com/article/7948384/simple-cooking-tricks-to-boost-your-iron-levels/